Di waktu-waktu seperti inilah (nganggur-apply sana sini cari loker) aku suka jadi rethink dengan posisi hidupku.


Mau dibawa kemana? that's the question.


Aku, yg selalu punya ketertarikan dengan dunia visual seperti fotografi dan (ngeliatin orang lain) ngegambar, tentu berharap bisa hidup dari hal yg disukai, but when it doesnt work (yet), aku pastinya memikirkan opsi karir lain yg bisa menyokong kehidupan.

Dengan latar lulusan sekolah kejuruan farmasi, selalu sekilas mikirin balik dunia farmasi, tapi udah ga mungkin, terlalu jauh untuk dibangkitkan lagi.


Juga, punya titel sarjana informatika (yg gagal-ga bisa coding) membuatku selalu mempertanyakan diri kenapa dulu ga diseriusin, setidaknya di satu specialty, entah itu front end web developer, back end, web designer, atau mungkin data mining.


Di momen-momen cari loker kayak gini lah paling sering rethink "belajar web coding lagi kah?", karena cari loker akan jauh lebih mudah kalo ada kesesuaian pendidikan dan skills, tapi belajar coding ga semudah itu yaaaa, apalagi kalo belajar sendiri... so... i don't know. it still and always in mind.


And now, aku lagi berusaha pahami dunia digital marketing karena kayaknya dibutuhin banget buat cari cuan di era digital ini, kerjaan masa kini dan depan lah istilahnya mah. BUT.... aku baru mulai, lagi dalam tahap 'bingung' but starting to figure it out. pengalaman masih nol. Belum bisa jual skill ini.


and i'm 37.


Photography, programming, digital marketing... sejujurnya, level skill dan portfolionya belum bisa meyakinkan orang buat hire. ya, termasuk fotografi!


what should i do?😳

4 comments:

gentlesunday said...

hmmm... at this moment, tentu mencari yang bisa menghasilkan pundi-pundi dengan cepat adalah prioritas utama, meskipun mungkin pekerjaannya "kurang" ideal dengan yang biasa kita lakukan. karena itulah yang bisa bikin kepala kita tidur tenang di malam hari, imho 🥲 dan lebih tenang juga mempelajari yang ingin dipelajari...

dulu aku pernah ada keinginan resign, tapi karena udah kelamaan gak kerja freelance, bingung sendiri bisa dapet klien dari mana. trus aku mulai bikin side hustle di tahun 2021 (iya.. itu aku bikin pas lagi stres2nya sama kerjaan), dan aku menemukan tagar #zonauang di twitter yang isinya anak-anak SMP dan SMA nyari uang.

aku tuh sempet aktif di situ, working on odd jobs in designs dengan klien anak SMP dan SMA... mahasiswa ngerjain tugas dan butuh bantuan desain. desainnya beda banget dengan yang aku kerjain, tapi di situ aku jadi belajar banyak soal behavior mereka. lumayan keep my mind off things.

kalo penghasilannya, waktu itu aku bisa net paling besar di 2jt/bulan. bukan jumlah yang wow dan tercapainya dengan banyak gak tidur abis pulang kantor sampe dimarahin suami 🥲 but i guess.. yang waktu itu aku cari adalah validasi bahwa desainku ternyata bisa "dipakai" di industri lain. lalu porto dari situ aku jadikan basis untuk klien2 berikutnya yang lebih besar, dan entah gimana, bantu aku bertahan sampe aku bs pindah ke unit sekarang.

tapi memang sih, itu perspektifnya beda karena posisiku waktu itu masih tetep kerja di kantor, cuma bingung kalo mau berhenti, mulai dari mana 😓

just want to share dengan pengetahuan yang terbatas ini--bahwa waktu itu aku menemukan peluang nyari tambahan uang dari media yang gak aku sangka-sangka. kek twitter, really, of all things? dan jualannya ke anak SMP, SMA, mahasiswa? umurnya beda jauh denganku. tapi ternyata bisa juga sampe bingung 😂

semangat, kang ady! semoga selalu dimudahkan dan diberikan kesehatan sehingga lancar juga saat menjemput rezeki. aku cuma bisa bantu kirim doa aja nih 🙃

Adynura said...

wah, cerita yg menarik...

Iya ya, kalo dicari mah pasti (seharusnya) dapet ya. apalagi jaman sekarang yang sebetulnya kesempatan cuannya lebih banyak (meski pesaingnya makin banyak).

Aku juga salahnya pas lagi kerja malah keenakan fokus, padahal kayaknya bisa sediain waktu buat side hustle biar pas ga kerja kayak sekarang, side hustle bisa terus, masih ada masukan.

Pelajaran banget sih, nanti kalo dapet kerja full-time lagi, akan tetap ngejer side-hustle buat nambah-nambah juga. Yaaa.. mumpung 'masih muda dan berenergi', masih bisa ngerjain lebih dari satu kerjaan.

Biar cepet bertumbuh juga sebagai personal.

Makasih Mega untuk inputnya, beneran butuh banget... dan agak malu juga karena emang spot ini aku bikin buat daily 'tweets-whats happening' yg akhirnya yaaaa curcol-curcol juga.

But, syukurlah hanya Mega yg ngeuh dengan spot ini :D

THANK YOU SOOO MUCH, HATUR NEUHEUNS!

gentlesunday said...

aku sebenernya sungkan tadi mau komen, soalnya biasanya orang curhat kan cuma pengen ngomong sendiri ya... jadi mohon maap telat minta maafnya karena nongol di spot curcol orang... 🥲 (maap soal minta maap? maapception???)

those side-gig on twitter bikin aku bs nabung rasa percaya diri sedikit2, sebelum akhirnya berani ambil project yg lebih "serius". karena selama itu aku gak pernah berani ambil project "serius" sendiri. selalu nebeng orang ato malah ngasih ke orang lain karena takut 😅😅

sampai akhirnya 2021 itu situasi di kantor lama sangat gak kondusif, dan bener2 ngerasa kepepet dan malah terjun nyari duit di lahan yang gak disangka-sangka. awalnya bingung dan ngerasa aneh, eh malah lancar setaunan di sana hahahah

kang ady tidak mulai dari nol, pengalaman udah banyak-- yang bilang kang ady punya talent bukan cuma aku tapi juga banyak penghuni blogosphere lainnya 💪💪

i hope you'll find your tribe and space to thrive soon!

Adynura said...

thank you, Mega!

Post a Comment