Sebetulnya, untuk menghidupkan blogosphere itu ga sesulit itu. Karena temen-temen yg aktif blogging itu ga sesedikit itu, hanya mungkin masih sulit ditemukan aja.

Susah Nyarinya

Kayak aku sekarang nih, pengen nambah referensi blog personal yang fotografinya bagus semisal blognya Justin yg a plate for two , tapi agak susah nemunya, ga tahu mesti nyarinya gimana.

Coba aja ada semacam satu web yang isinya kayak yellowpages-nya blogger Indonesia, dikategori sesuai genrenya. Soalnya kalo google search, masih banyak yg blm optimal pake SEO (akupun ga mikirn SEO juga sih).

Blogwalking adalah kunci

Nah, cara menghidupkan blog kita dengan komen-komen yg banyak itu, salah satu cara terampuhnya tentu dengan blogwalking ya.
Blogwalking ini jadi satu cara kita agar mudah ditemukan orang. Minimal, kalo kita komen di blog orang, si pemilik blog yg kita komen pasti kunjungin balik dan dapet temen baru deh kalo emang suka blognya.

Dan bisa juga ditemukan oleh orang-orang yg komen-komen lainnya. Gitu deh pokoknya 😀😁😂

2 comments:

gentlesunday said...

yellow-pagesnya blogger indonesia yaa... sebenernya kang ady udah mulai membuat lho, dengan bikin page blogger friends itu. come to think of it, kita emang harus menghidupkan lagi bikin blog directory, supaya bisa saling mengunjungi.

di luar negeri movement kembali ke blog/personal site ini namanya indieweb, dan mereka juga menghidupkan lagi webrings dan web directory; semua bikin daftar website teman atau rekomendasi website yang menyenangkan untuk dikunjungi. dan emang lebih oke daripada ngandelin SEO sih. SEO sekarang isinya pemain industri semua, dan kita bisa melawan dengan menjadi sebuah komunitas alias mengutamakan interaksi antar manusia.

(i'm going to make one too right now! mari kita hidupkan dunia blogging dengan cara kita sendiri)

Adynura said...

wah, di luar udah ada movement-nya, keren atuh...
berarti kita juga jangan kalah, atau mungkin di kita juga sebetulnya udah ada, tapi kitanya yang belum tahu, yakali kan..

iya sih, kayaknya aku juga mau rapiin list-nya dan semoga bisa dikelompokan based on genre (yg mana blm paham juga genrenya apa, based on what...)

tapi mungkin aku akan lihat dari topik apa yang paling sering dibahas, gitu kali ya..

hehe, thank you udah maen maen juga kesini, padahal ini tempat nyempil haha..

Post a Comment